Cara Menelepon Yang Baik
Telepon merupakan
suatu alat komunikasi yang mempermudah seseorang untuk berbicara
dengan orang lain di tempat lain. Telepon sangat membantu dan berguna memperlancar
kegiatan manusia. Kini seseorang tidak perlu repot-repot menempuh perjalanan
jauh untuk menyampaikan sesuatu pada orang lain. Mereka hanya membutuhkan
sebuah telepon.
Namun banyak orang yang menggunakan
telepon dengan tidak memperhatikan tata kramanya. Menggunakan telepon untuk
berbicara dengan seseorang perlu memperhatikan tata kramanya agar orang yang
sedang diajak bicara tidak merasa tersinggung. Bukannya memperbaiki hubungan
lewat telepon, anda malah akan merusak hubungan anda dengan orang lain. anda
pasti tidak ingin hal itu terjadi bukan? jika demikian, mari perhatikan cara-cara
menelepon yang baik berikut ini.
1. Perhatikan jam anda menelepon
Saat anda menelepon seseorang, itu
sama halnya dengan anda sedang bertamu ke rumah orang tersebut. Anda harus
mengetahui kapan saat yang tepat untuk menelepon.
Jika orang yag anda telepon adalah
seorang guru, mungkin sebaiknya anda tidak menelepon pada jam aktif
mengajar.Teleponlah orang tersebut pada jam istirahat atau sewaktu sekolah
berakhir.
Menelepon seseorang pada jam
tersibuk mereka akan menimbulkan kesan menganggu. Demikian pula pada jam
istirahat. Menelepon orang pada dini hari akan mengganggu jam tidurnya.
Jangan heran orang tersebut akan marah pada anda nantinya bila anda menelepon
pada jam-jam istirahat mereka. .
2. Ucapkan salam
Selayaknya orang bertamu,
mengucapkan salam terlebih dahulu seperti meminta izin untuk pada mereka untuk
menggunakan waktunya sebentar. Mengucapkan salam pada orang yang ditelepon juga
dapat memberikan kesan bahwa anda adalah orang yang sopan dan berniat baik.
Dengan kesan seperti itu siapa yang tidak akan menjawab telepon anda?
3. Sebutkan identitas diri anda
Jika anda menelepon seseorang untuk
pertama kalinya, tentu orang tersebut akan bertanya-tanya siapakah diri anda.
Akan lebih baik bila anda memperkenalkan diri anda terlebih dahulu.
Cukup menyebutkan nama dan asal anda
akan membuat orang tersebut bisa mengenali anda. Hal ini penting dalam
komunikasi telepon karena anda dan orang yang anda telepon tidak dapat
mengenali satu sama lain secara visual.
Setelah menyebutkan identitas anda,
anda dapat
memulai pembicaraan.
4. Pergunakan nada bicara yang
ramah
Nada bicara yang ramah diperlukan
saat menelepon. Perhatikan juga agar tidak mengeluarkan kata-kata kasar.
Kalimat dan topik yng menyinggung juga sebaiknya dihindari. Jika anda menyinggung
lawan bicara anda, ia mungkin saja akan bersikap tidak nyaman pada anda.
ia bisa saja marah atau langsung
menutup telepon. Jika orang tersebut sudah bertindak demikian, ia akan sulit
anda hubungi lagi. Karena pasti ia akan menutup setiap telepon yang berasal dari anda.
5. Bicarakan hal yang diperlukan
saja
Menelepon seseorang berjam-jam
secara tidak sadar dapat mengganggu waktu pribadinya. Akan ada baiknya bila
setelah anda membicarakan tujuan anda, anda langsung mengakhiri pembicaraan dan
menutup teleponnya. Namun jika anda dan lawan bicara anda adalah orang yang
cukup dekat dan ingin melepas rindu lewat telepon, maka hal ini pantas saja
untuk anda lakukan. Sebaiknya hindari menelepon terlalu lama pada orang yang
baru saja anda kenal. Karena hal ini bisa
sangat menganggu mereka.
6. Akhiri pembicaraan dengan salam
Jika anda mengawali pembicaraan
telepon dengan salam, alangkah baiknya bila anda menutupnya dengan salam juga.
Menggunakan salam di akhir pembicaraan menunjukkan kesan bahwa anda adalah
orang yang sopan.
Permisi saat datang dan permisi saat
pulang. Saat anda menutup telepon dengan salam, anda akan meninggalkan kesan
yang baik pada orang tersebut. Orang tersebut pun akan segera mengangkat
telepon dari anda pada kesempatan
lain.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar